Dilema Google Adsense dan Pengunjung

Google Adsense (GA), atau iklan pay per click mana saja adalah salah satu sumber mata pencaharian para pemilik website dan blog. Setiap pengunjung mengklik iklan yang terpampang maka pemilik website atau blog akan memperoleh imbalan tertentu.

Tentunya setiap pengunjung yang mengklik iklan akan dibawa oleh sistem ke website pengiklan. Dan tentunya acara jalan-jalan pengunjung tadi di website kita pun berakhir.

Inilah dilema antara uang dengan layanan. Jika pengunjung mengklik iklan kita dapat uang dan mereka tidak lagi dapat menikmati apa yang kita suguhkan di website kita. Padahal masih banyak materi menarik lainnya yang dapat mereka nikmati.

Tak dapat disangkal banyak pemilik website mengandalkan GA dan perusahaan iklan pay per click lainnya sebagai sumber mendapatkan keuntungan. Setidaknya dari itu mereka dapat membayar biaya sewa webhosting dan domain, membayar biaya akses internet, atau ada juga yang cuma cukup untuk jajan. Sedikit lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

Website yang menerima kunjungan di bawah 500 pengunjung per hari biasanya agak kesulitan memperoleh imbalan yang besar dari Google Adsense. Berdasar pengalaman, situs dengan rata-rata 100 kunjungan perhari hanya akan mendapatkan rata-rata US$0,01 (Rp97,21) hingga US$0,3 (Rp2.916) dalam sehari.

Uang sedikit itu, selain dari bayaran iklan per seribu tayang, diperoleh dari hasil klik dari 1 hingga 6 pengunjung. Memang, angka 1 dan 6 tidak banyak.

Bila dihitung-hitung itu berarti 1 hingga 6 persen pengunjung keluar dari website penayang iklan. Berarti juga, jika website ramai yang kedatangan seribu pengunjung per hari akan kehilangan 10 hingga 60 pengunjung dalam sehari untuk mendapatkan imbalan sekitar US$0,1 (Rp972) hingga US$3 (Rp29.163).

Sangat disayangkan memang jika pengunjung harus diusir hanya gara-gara sedikit uang. Tapi pada kenyataannya banyak pemilik website dan blog, termasuk sukamampir, yang mencoba hidup dengan iklan-iklan pay per click.

Pertimbangan mengandalkan Google Adsense sebagai pendapatan tentu berdasarkan berbagai pemikiran. Bila dikategorikan dasar semua pemikiran itu adalah uang. Uang untuk membayar biaya operasional website, uang sebagai penghargaan atas materi-materi isi website, atau mungkin juga memang uang yang dicari.

Banyaknya website penayang Google Adsense membuktikan bahwa uang lebih banyak diutamakan dibanding kenikmatan -menerima kunjungan-. Apakah memang betul demikian?

Iklan

One Reply to “Dilema Google Adsense dan Pengunjung”

  1. yang paling diuntungkan adalh pemasang iklan karena hampir 50% pengunjung akan beralih jika mengklik iklannya … ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s