Adakah Peluang Memperoleh Pendapatan Besar dari Google Adsense?

Semua pengguna internet, apalagi pemilik website atau blog, pasti tahu apa itu Google Adsense (GA). Program iklan pay per click (PPC) yang amat populer milik Google.

Terpancing rasa ingin memiliki pendapatan sampingan, hampir semua pemilik website mencoba menjadi penayang iklan atau publisher Google Adsense.

Walau tak mudah menjadi publisher GA, karena banyaknya syarat yang diperlukan, para pemilik website tidak pernah putus asa melamarnya.

Bahkan banyak pengguna internet yang membuat website hanya sekedar ingin mendapatkan uang sebagai publisher GA.

Yang menjadi pertanyaan, apakah publisher GA benar-benar bisa mendapatkan penghasilan yang sangat memuaskan? Atau hanya akan mendapatkan uang yang cukup untuk jajan bakso dan siomay? Atau mungkin tidak sama sekali?

Lain orang pasti lain pula jawabannya. Bila ditanya kepada semua publisher pasti akan mendapat beraneka ragam jawaban sesuai pengalaman masing-masing.

Sebagai penayang, situs sukamampir masih tergolong muda, bila pertanyaan itu dilontarkan mungkin jawaban yang tepat, sesuai total penghasilan tertaksir dan dihitung secara matematis, penghasilan sebagai publisher GA paling-paling hanya cukup untuk bayar sewa webhosting dan domain pada tahun mendatang (2014). Yaah, webhosting mungkin bisa yang VPS, laah.

Entah diperoleh data dari mana, situs kronikmedia mengatakan bahwa pendapatan GA tertinggi tahun 2010 diraih oleh Mashable. Katanya, situs ini memperoleh USD600 ribu (Rp5,8 miliar) per bulan.

Sumber lain menuliskan bahwa pendapat GA tertinggi tahun 2011 adalah dari sebuah situs yang tidak banyak pamer senilai lebih dari USD1 juta (Rp9,7 miliar) per bulan. Woooow, ini baru keren.

Lalu, terlepas dari benar-tidaknya data dari kedua situs itu, apakah ada peluang bagi publisher mendapatkan pendapatan yang sangat memuaskan?

Untuk menjawab itu kita perlu hitung-hitungan di atas kertas.

Kita lihat data yang dikeluarkan pihak Google. Menurut data itu pendapatan kotor Google dari layanan iklan pada quartal pertama tahun 2013 adalah senilai USD3,26 miliar atau setara dengan Rp31,6 triliun.

Dari jumlah pendapatan kotor tersebut jika kita ambil saja 10 persen sebagai pendapatan bersih, maka nilainya juga miliaran, atau tepatnya Rp3,1 triliun.

Dalam kebijakan GA, hasil pendapatan iklan dibagi 68:32. 68 persen untuk publisher dan 32 persen untuk Google. Persentase dapat berubah jika iklan yang ditayang adalah iklan dari jaringannya, atau iklan yang diiklankan ke perusahaan iklan lain namun ditayangkan oleh Google sebagai rekanan. Jadi, anggap saja dari seluruh pendapatan pada program ini Google membagikan 25 persen untuk publisher.

Dari Rp3,1 triliun tadi, berarti Google akan membagikan Rp780 miliar kepada pihak penayang alias publishernya.

Banyakkah Rp780 miliar dalam waktu 3 bulan? Yaah, angka itu cukuplah untuk sewa webhosting VPS dan domain selama 520 ribu tahun. Atau kalau untuk jajan bakso bisa untuk mentraktir orang sekampung setiap hari selama 300 tahun.

Besar sekali jumlahnya, akan tetapi mengapa masih banyak publisher yang mengeluhkan pendapatan GAnya sedikit? Ya, sudah pasti, karena ke-780 miliar itu harus direbut oleh lebih dari 42 juta pemilik website.

42 Juta? Mungkin saja bila dihitung bahwa 20 persen dari 634 juta website adalah penayang GA. Dan dari 20 persen ini dianggap satu akun GA memiliki 3 buah website.

Untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi atau memuaskan bukan sekedar datang-duduk-diam, tapi memerlukan ketekunan dalam mengelolanya agar dapat merebut porsi yang lebih banyak.

Jadi, akhirnya, adakah peluang untuk mendapatkan keuntungan berlimpah sebagai publisher Google Adsense?

Daftar sumber kutipan:
kronikmedia.co.uk, forbes.com, pingdom.com, google.com.

Iklan

8 Replies to “Adakah Peluang Memperoleh Pendapatan Besar dari Google Adsense?”

  1. Kalau niche yang bagus buat GA apa ya mas?
    Saya baru belajar buat blog, rencana mau bikin artikel fashion (sesuai minat). Tapi masih belum tahu tentang adsense.
    Ada teman yang bilang blog indo lebih kecil ya pendapatannya dari blog berbahasa inggris?
    Terimakasih sebelumnya ^^

    1. Katanya, sih, yang paling bagus untuk adsense adalah teknologi. Tapi fashion sepertinya bagus juga.
      Dan memang, pengiklan (peserta Adwords) di Indonesia hanya berani pada penawaran yang rendah, jadi otomatis bayaran untung penayang juga rendah.

    1. Di blog wp.com tidak bisa pakai GA. Blog wp.org sudah di-approve di bulan Februari 2013, tetapi -kalau tidak salah- di bulan Juni 2013 dibanned. Menurut mereka saya melanggar TOS karena salah satu blog saya, jualbeli.sukamampir.com, berisi materi alat-alat s3ks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s